Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 SD Halaman 119 120 121 122 123 124 Subtema 3

Inilah kunci jawaban Tema 4 kelas 4 SD Subtema 1 Pembelajaran 4 di halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, dan 36. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD Tema 4 memiliki judul Berbagai Pekerjaan. Sementara, Subtema 1 Buku Tematik ini berjudul Jenis jenis Pekerjaan.

Adapun dalam artikel ini berisi kunci jawaban pembelajaran 4 di halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, dan 36. Sebelum melihat kunci jawaban, siswa dapat terlebih dahulu memahami soal kemudian menjawabnya sendiri. Kunci jawaban pada artikel ini digunakan sebagai panduan oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Ida, temanku sebangku. Mungil, berkulit hitam manis, tidak banyak bicara, dan pandai itulah cirinya. Ia seorang anak yang sederhana. Ayahnya sudah lama meninggal. Ia tinggal bersama ibu dan adiknya. Ida anak yang sangat pandai. Nilai nilainya yang selalu bagus, memberinya kesempatan meneruskan sekolah tanpa biaya. Semua buku pelajaran dan perlengkapan ditanggung oleh sekolah. Ida tak pernah malu dengan kondisi keluarganya. Bahkan ia semakin rajin belajar dan terus berprestasi.

Ida juga selalu menjadi tempat bertanya jika teman temannya mengalami kesulitan dalam pelajaran. Teman teman memilih Ida sebagai ketua kelas. Pandai, tenang, dapat berkomunikasi dengan baik, serta mampu menjaga ketertiban kelas menjadi modal utamanya. Hari ini, Ibu Tati mengingatkan tentang ulangan matematika. Sebagian siswa tidak siap. Termasuk Gugut, si jagoan bola, yang duduk di belakang kami. “Waduh, saya belum belajar, Bu! Kemarin saya seharian bermain bola sampai sore. Pulang ke rumah langsung tidur, Bu!” protesnya.

Ulangan tetap berlangsung. Gugut resah. Ia menengok ke kiri dan ke kanan. Tiba tiba, ditendangnya kursi Ida dari belakang. “Ssstt..Ida! Bantu aku dong! Geser sedikit ke kiri, agar aku bisa melihat jawaban di kertas ulanganmu!” pinta Gugut. Ida bergeming. Ia hanya menggelengkan kepala pelan, tanpa menengok ke belakang. Gugut mengganggunya lagi.

“Ayo dong, Ida. Sekali ini saja. Nanti aku beri kamu uang sepuluh ribu rupiah. Kamu bisa jajan kue di kantin,” rayunya. Gugut tahu benar Ida tidak pernah jajan di kantin. Ibunya tidak memberinya bekal uang jajan. Ida selalu membawa sebungkus nasi dan lauk dari rumah. Namun, di luar dugaan Gugut, Ida tidak terusik. Sekali lagi ia menggeleng pelan. Sampai waktu berakhir, Gugut terpaksa menyerahkan kertas ulangannya dengan lunglai. Pada waktu istirahat Ida menghampiri Gugut.

“Maaf ya, Gugut. Aku bukan tidak ingin membantumu. Menyontek dan memberi contekan kepada teman, adalah perbuatan tidak jujur. Bahkan, perbuatan tersebut bisa dianggap sebagai korupsi kecil kecilan,” katanya kepada Gugut. “Ah, Ida. Masa menyontek sekali saja dianggap korupsi? Setahuku korupsi nilainya milyaran, dan hanya dilakukan oleh pejabat berkuasa,” kata Gugut. “Gugut, justru kita harus melatih diri. Korupsi dan menyontek sama sama mengambil hak orang lain. Bernilai kecil atau besar, tetap saja tidak jujur. Kita membiasakan diri bertingkah laku lurus, mudah mudahan ketika besar nanti kita tidak akan tergoda untuk melakukan korupsi. Dalam bentuk apapun!” Ida menambahkan dengan panjang lebar.

Aku dan teman teman sekelas yang ikut mendengarkan percakapan Ida dan Gugut terdiam setuju. Memang tidak salah kami memilih Ida sebagai pemimpin di kelas. Tidak sekadar pandai, Ida juga patut dijadikan teladan. Berdasarkan cerita di atas, jawablah pertanyaan berikut! 1. Siapa saja tokoh pada cerita di atas?

Tokoh pada cerita di atas di antaranya aku, Ida, Gugut, Bu Tati, dan teman lainnya. 2. Siapa yang mengikuti ulangan matematika? Yang mengikuti ulangan Matematika adalah aku, Ida, Gugut, dan teman lainnya.

3. Apa yang dilakukan Gugut pada saat ulangan? Gugut berusaha mencontek pekerjaan Ida. 4. Apa yang dilakukan Ida ketika Gugut meminta jawaban?

Ida tidak memberikan jawaban yang diminta Gugut. 5. Mengapa Ida tidak mau membantu Gugut? Menurut Ida, memberikan contekan adalah perbuatan yang tidak jujur.

6. Hal hal baik apa yang bisa kamu ambil dari cerita di atas? Hal baik yang bisa diambil dari cerita di atas adalah ketika melaksanakan ulangan kita harus jujur dan berusaha sendiri. Sikap sikap dari Ida

1. Sederhana 2. Jujur 3. Rajin dan tekun belajar

Pendapatku tentang sikap Ida Ida anak yang sederhana, jujur dan rajin belajar, maka tidak salah jika ia dijadikan ketua kelas. Sikap sikap dari Gugut

1. Tidak jujur saat ulangan 2. Tidak bisa memanfaatkan waktu untuk belajar. Pendapatku tentang sikap Gugut

Gugut anaknya tidak jujur, tidak mau belajar, dan sering mencontek saat ulangan. Sikap Gugut tidak patut ditiru. Kita harus jujur dalam segala hal.

Apakah menurutmu sikap Ida sesuai dengan makna sila pertama Pancasila? Jelaskan! Ya, sikap Ida sesuai dengan makna Pancasila karena kita harus jujur. Ketika kita tidak jujur, maka itu akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Apakah menurutmu sikap Gugut sesuai dengan makna sila pertama Pancasila? Jelaskan! Menurut saya, sikap Gugut tidak sesuai dengan makna sila Pancasila. Gugut mencontek saat ulangan dan itu artinya ia tidak jujur dan tidak sesuai dengan sila pertama Pancasila.

Andai Ida memberikan contekan. Apa yang akan terjadi? Kedua anak tersebut sama sama berlaku tidak jujur saat ulangan.

Apa dampaknya bagi Gugut? Dengan mencontek, Gugut berlaku tidak jujur dan tidak mau berusaha sendiri. Apa dampaknya bagi Ida?

Dampaknya bagi Ida adalah Ida juga akan bersikap tidak jujur dengan memberikan contekan. Apa dampaknya bagi guru yang mengajar? Dampak bagi guru ulangan adalah guru tidak dapat hasil yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki masing masing anak.

Dan tujuannya diadakan ulangan tidak tercapai. Mengapa kita harus jujur? Kita harus jujur karena kejujuran merupakan dasar bagi perbuatan yang lain.

Sekali tidak jujur maka selanjutnya juga tidak akan jujur. Selain itu, tidak jujur juga akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Apa yang akan terjadi jika kita tidak jujur?

Yang terjadi adalah kita tidak lagi dipercaya oleh orang lain. Buatlah persegi satuan dengan panjang sisi 1 cm! Tutuplah salah satu sisi persegi dengan persegi satuan! Ada berapa banyak persegi satuan sepanjang salah satu sisi persegi?

Ada 6 Tutuplah sisi persegi yang berdekatan dengan persegi satuan! Ada berapa banyak persegi satuan sepanjang sisi yang berdekatan? Ada 6 banyak persegi satuan sepanjang sisi yg berdekatan (dari sisi atas 6, sisi samping 6. Jadi kalau di total semua 12).

Bagimana hubungan antara panjang salah satu sisi dengan jumlah panjang seluruh sisi persegi? Diketahui panjang sisi persegi adalah s. Jumlah panjang seluruh sisi atau keliling persegi adalah, K = s + s + s + s K = 4s Hubungan antara panjang salah satu sisi persegi dengan jumlah panjang seluruh sisi adalah empat kalinya.

Jika jumlah panjang seluruh sisi yang membatasi persegi disebut keliling, apa yang bisa kamu simpulkan tentang keliling persegi? Persegi memiliki 4 buah sisi yang sama panjang, misalkan panjangnya s, maka k = s+s+s+s = 4 x s. Panjang sisi persegi kita dinamakan S. Keliling dinamakan K. Tulislah rumus keliling persegi!

Rumus keliling persegi k = 4 × s. Sisi persegi dinamakan s, sedangkan keliling dinamakan K. Maka K = s + s + s + s atau 4 x s. Carilah cara berbeda menemukan keliling persegi.

S² atau S pangkat 2. 1. Sebuah persegi mempunyai sisi 8 cm. Hitunglah kelilingnya! Diketahui:

= 8cm = 4 x s K= 4 x 8 K= 32 cm

Jadi, sekeliling persegi adalah 32 cm 2. Sebuah persegi mempunyai keliling 36 cm. Berapakah panjang sisinya? Diketahui keliling:

K= 36 cm K= 4 x s 36 = 4 x s s = 36/4 s = 9 cm Jadi, panjang sisi persegi adalah 9 cm. 3. Luas sebuah persegi 16 cm2. Hitunglah keliling persegi!

Luas= sisi x sisi 16cm2 = sisi2 sisi = akar dari 16 keliling = 4 x sisi = 4 x 4 cm = 16 cm 4. Keliling sebuah persegi adalah 64 cm. Hitunglah luas persegi! Kita cari panjang sisi persegi terlebih dahulu dengan menggunakan rumus keliling persegi

X s = keliling X s = 64 = 64 : 4

= 16 cm Luas persegi = sisi x sisi = 16 x 16 = 256 cm2 Soal ini berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya. Berdasarkan teks di atas identifikasi kosakata nonbaku dan ubahlah menjadi kosakata baku.

Kosakata nonbaku : Banyak lho Kosakata baku : Banyak ***

Identifikasi kalimat tidak efektif. Ubahlah ke dalam kalimat efektif. Kalimat tidak efektif : Tentu ada sebagian dari kalian yang memakai banyak barang barang produksi luar negeri dengan berbagai merek terkenal.

Banyak lho, baju baju, sepatu sepatu, atau tas tas produksi dalam negeri yang kualitasnya sama, bahkan lebih baik dari barang sejenis produksi luar negeri. Kemajuan teknologi memotong berbagai biaya yang dibutuhkan dalam pengiriman produk ke negera lain Kalimat efektif:

Tentu ada sebagian dari kalian yang memakai banyak barang produksi luar negeri dengan berbagai merek terkenal. Banyak baju, sepatu, atau tas produksi dalam negeri dengan kualitas yang sama, bahkan lebih baik dari produksi luar negeri. Kemajuan teknologi memotong biaya pengiriman produk ke negara lain.

*** Tulislah kembali isi teks di atas dengan menggunakan bahasamu sendiri. Gunakan kata baku dan kalimat efektif.

Jika diperhatikan, di antara barang barang di sekitar kita tentu ada yang diproduksi dari luar negeri dengan berbagai merek terkenal. Namun, apakah ditemukan produk dalam negeri? Banyak produk produk Indonesia yang kualitasnya tidak kalah dengan produk luar negeri. Kemajuan teknologi di era globalisasi mampu mengurangi biaya pengiriman barang antar negara. Dahulu, produk impor dikenai pajak yang tinggi oleh pemerintah untuk membatasi barang dari luar negeri masuk dan melindungi produk dalam negeri.

Hal ini membuat produk impor mahal bagi masyarakat, kecuali bagi mereka yang mampu membelinya. Saat ini, perdagangan bebas telah membuat pajak tidak lagi tinggi. Sehingga produk dalam negeri harus bersaing dengan produk luar negeri. Jika produk luar negeri lebih diminati masyarakat, dapat merugikan para produsen dari manapun bahkan orang orang terdekat kita. Masyarakat kita sendirilah yang harus menghargai kreativitas produk sendiri demi memelihara kelangsungan produksi dalam negeri.

Maka dari itu, ketika suatu saat ketika kita berbelanja sesuatu, kita hendaknya memilih produk dalam negeri. *** Bersama dengan kelompokmu, diskusikan pertanyaan berikut.

1. Mengapa kita harus cinta produk Indonesia? Karena kualitas produk Indonesia tidak kalah dengan produk luar negeri, untuk menghargai karya anak bangsa, dan untuk memajukan ekonomi Indonesia. 2. Apa contoh tindakan dari cinta produk Indonesia?

Membeli dan menggunakan produk buatan masyarakat Indonesia. 3. Apa yang terjadi jika kita lebih banyak membeli barang dari luar negeri? Dapat mengancam ekonomi Indonesia, dapat membunuh kreativitas anak bangsa, dan meningkatkan ekonomi negara lain.

4. Apa yang akan terjadi jika kita lebih banyak menggunakan produk Indonesia? Kondisi ekonomi Indonesia akan meningkat, membuat lapangan kerja semakin banyak, dan kreativitas anak bangsa dapat berkembang lebih jauh. 5. Apa dampak cinta produk Indonesia bagi para pengrajin dalam negari?

Memajukan usaha para pengrajin, meningkatkan ekonomi para pengrajin, dan membuat kreativitas para pengrajin semakin berkembang. 6. Apa dampak cinta produk Indonesia bagi kemajuan perekonomian bangsa Indonesia? Membuat ekonomi Indonesia stabil bahkan meningkat, menurunkan angka kriminalitas, menurunkan angka kemiskinan, dan mendukung pembangunan Indonesia.

7. Bagaimana dengan kamu, apakah kamu sudah menggunakan produk Indonesia? Ceritakan pengalamanmu. Sudah. Sebagian besar dari barang barang saya di rumah adalah produk Indonesia. Contohnya buku, tas, sepatu, bola, lemari, makanan, pakaian, sandal, karpet, dan masih banyak lagi.

Saya juga menggunakan produk luar negeri seperti motor, televisi, handphone, dan beberapa barang yang lain yang belum bisa diproduksi di dalam negeri. *** Keterangan: Bangun 3 adalah gabungan bangun 1 dan bangun 2.

1. Hitunglah luas permukaan bangun 1. = 6 x (r x r) L = 6 x (6 x 6) L = 6 x 36 L = 216 cm2 2. Hitunglah luas permukaan bangun 2.

= 6 x (r x r) L = 6 x (6 x 6) L = 6 x 36 L = 216 cm2 3. Hitunglah luas permukaan bangun 3. = 4 x (12 x 6) + 2 x (6 x 6) L = 4 x 72 + 2 x 36 L = 288 + 72 L = 360 cm2

4. Apa hubungan antara luas permukaan bangun 1, bangun 2, dan bangun 3. Luas bangun 1 dan 2 sama, sedangkan bangun 3 tidak sama. 5. Apa yang bisa kamu simpulkan tentang luas permukaan bangun gabungan?

Sisi bangun ruang yang meyentuh bangun lain dalam gabungan tersebut tidak bisa lagi disebut permukaan sehingga tidak termasuk bagian dari luas permukaan bangun gabungan. *** Hitunglah luas permukaan bangun berikut.

= 4 x (20 x 10) + 2 x (10 x 10) L = 4 x 200 + 2 x 100 L = 800 + 200 L = 1.000 cm2 *** 1. Nilai nilai apa yang kamu pelajari hari ini?

2. Apakah kamu sudah menggunakan produk dalam negeri? Sampaikan kepada orang tuamu pentingnya mencintai produk dalam negeri. Sampaikan dampaknya bagi perekonomian bangsa. Buatlah rencana untuk selalu menggunakan produk dalam negeri. Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Soal di atas sebagian besar berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban alternatif lainnya yang tidak terpaku seperti di atas. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.