Babak Pertama Timnas Indonesia vs Taiwan, Kejutan Rumakiek Cetak Gol Debut Bawa Merah Putih Unggul

Timnas Indonesia sementara berhasil unggul dengan skor satu gol tanpa balas melawan Taiwan pada babak pertama play off Kualifikasi Piala Asia 2021. Berlangsung di Stadion Chang Arena Buriram, Thailand, Kamis (7/10/2021), Indonesia berhasil unggul lewat gol brilian yang dicetak Ramai Rumakiek pada menit 18. Pemain muda andalan Persipura Jayapura itu mampu mengkonversikan assist yang diberikan Miftah Sani menjadi sebuah gol pembuka bagi Merah Putih.

Rumakiek pun mencetak gol pertamanya dalam debut bersama tim senior Indonesia dalam laga kali ini. Hanya saja memang Rumakiek beberapa kali harus dilanggar dan mendapatkan cedera setelah mencetak gol brilian melawan Taiwan. Rumakiek pun harus ditarik keluar lebih awal tak berselang lama setelah mencetak gol dan digantikan oleh Egy Maulana Vikri pada menit 26.

Masuknya Egy Maulana pun membuat variasi serangan Indonesia semakin bertambah lewat kualitas yang ia hadirkan dalam permainan Skuat Garuda. Babak pertama dimulai, Taiwan mendapatkan peluang emas perdananya untuk membobol gawang Indonesia. Penyelamatan gemilang dilakukan oleh Riyandi saat menepis bola sepakan yang dilepaskan Estevez pada menit ketiga.

Para pemain Indonesia harus bisa bermain dengan lebih tenang agar bisa memainkan bola dengan cara lebih baik. Indonesia mendapatkan tendangan bebas langsung setelah ada pelanggaran yang dilakukan pemain Taiwan. Evan Dimas yang menjadi algojo mencoba memberikan umpan namun gagal menjangkau rekan setimnya, namun bola masih dikuasai pemain Indonesia.

Kesalahan umpan harus bisa diminimalisir agar tidak merugikan permainan yang coba diusung Timnas Indonesia. Sepuluh menit laga berlangsung, Indonesia masih kesulitan dalam memberikan ancaman ke gawang tim lawan. Skema serangan Indonesia mulai terlihat membuahkan hasil.

Indonesia pun berhasil membuka skor setelah Rumakiek berhasil membobol gawang lawan pada menit 18. Sentuhan indah dan sepakan brilian yang dilepaskan Rumakiek akhirnya membobol gawang Taiwan. Berawal dari umpan bagus dari Miftah Sani dari sisi kiri, kontrol bola ciamik Rumakiek berhasil diselesaikan lewat sepakan yang berbuah gol pembuka.

Rumakiek pun mencetak gol pertamanya dalam debut bersama tim senior Indonesia dalam laga kali ini. Hanya saja memang Rumakiek beberapa kali harus dilanggar. Akhirnya pemain kelahiran 2002 tersebut malah mendapatkan cedera setelah berhasil mencetak gol brilian melawan Taiwan.

Tepat pada menit 26, Rumakiek akhirnya harus ditarik keluar dan digantikan Egy Maulana Vikry. Permainan Indonesia mulai nyaman dalam mendistribusikan bola dari tengah ke sayap maupun sebaliknya. Masuknya Egy secara tidak langsung menambah variasi serangan Indonesia dimana ia menjadi pusat permainan Merah Putih.

Beberapa kali serangan yang dilancarkan sisi sayap penyerangan Indonesia masih bisa dihentikan oleh lini pertahanan Taiwan. Taiwan lebih banyak melakukan serangan balik dalam usahanya untuk mencari gol penyeimbang. Hingga babak pertama berakhir, Indonesia berhak unggul satu gol tanpa balas lewat gol Ramai Rumakiek pada menit 18.

Riyandi; Igbonefo, Fachrudin, Asnawi, Miftah Sani; Irianto, Dimas, Kambuaya, Rumakiek, Irfan Jaya; Yudo Shih Shin an; Peng Long, Ting Yang, Men Shin, Cheng Hao, Cheng Yi; Estevez, Li Mao, Chun Ching, Yen Shu; Hsiang Wei

Leave a Reply

Your email address will not be published.