6 Penyebab Keputihan pada Wanita

Penyebab Keputihan

Salah satu hal yang biasa dialami oleh seorang wanita adalah keluarnya keputihan. Keputihan itu sendiri merupakan suatu kondisi, dimana ketika cairan atau yang disebut dengan lendir kental keluar dari vagina.

Hal ini terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor. Untuk anda yang penasaran, berikut adalah beberapa penyebab keputihan pada seorang wanita antara lain yakni :

Apa Saja Hal yang Menjadi Penyebab Keputihan pada Wanita?

 

  1. Infeksi jamur

Salah satu penyebab keputihan pada vagina yakni infeksi jamur. Sebenarnya vagina mengandung jamur yang tidak mengakibatkan masalah pada keadaan normal. Namun jika jamur ini dibiarkan berkembang biak begitu saja, maka hal ini bisa menyebabkan infeksi dan munculnya keputihan yang tidak normal.

Terjadinya infeksi pada vagina bisa disebabkan dari berbagai hal seperti, menggunakan pil KB terlalu lama, memiliki diabetes yang sudah parah, setres, dan mengonsumsi anti biotik.

  1. Vaginitis

Terjadinya keputihan pada vagina bukan hanya disebabkan oleh jamur yang dibiarkan berkembak biak. Akan tetapi, terjadinya vagitis pada vagina ternyata juga dapat menyebabkan peradangan yang dapat mengakibatkan terjadinya infeksi atau iritasi. Hal ini juga dapat menyebabkan keputihan kental dan dapat berwarna putih.

  1. Vaginosis bakterialis

Vaginosis bakterialis merupakan salah satu infeksi bakteri yang cukup umum terjadi pada wanita. Hal ini terjadi karena terganggunya keseimbangan flora normal di vagina. Tubuh wanita pada umumnya memiliki bakteri baik yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari bakteri jahat yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi.

Namun sebaliknya juga bahwa dengan jumlah bakteri yang berkurang, dan tidak mampu melawan bakteri jahat, tentu juga dapat memicu terjadinya infeksi pada vagina. Kondisi seperti bisa menyebabkan terjadinya keputihan yang memiliki bau menyengat dan tidak enak, amis, dan bau busuk. Wanita yang banyak memiliki pasangan dan melakukan seks oral, juga memiliki resiko tinggi untuk tertular infeksi ini.

  1. Gonore (kencing nanah)

Gonore adalah salah satu jenis penyakit kelamin yang disebebkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang dapat menyebabkan keputihan yang tidak normal. Melakukan hubungan oral dari satu orang ke orang lain melalui kontak seksual, tentu dapat memicu tertularnya bakter gonore.

Selain itu, gonore pada wanita biasanya dapat menginfeksi serviks atau leher rahim. Munculnya penyakit ini biasanya ditandai dengan gejala seperti, munculnya bercak darah merah saat buang air besar, sakit saat buang air kecil, perut terasa sakit dan nyeri, terjadinya pendarahan setelah berhubungan seks melalui vagina.

  1. Infeksi bakteri

Terjadinya keputihan juga disebabkan oleh infeksi bakteri, yang mana infeksi bakteri ini terjadi ketika bakteri baik dan jahat dalam vagina tidak terjadi keseimbangan. Hal ini disebabkan oleh karena melakukan hubungan seks tanpa kondom, kebersihan vagina yang kurang dirawat dan juga sering berganti pasangan dalam melakukan seks.

Munculnya keputihan yang di akibatkan oleh infeksi bakteri ini melalui tanda-tanda seperti, rasa panas atau terbakar ketika buang air kecil, munculnya keputihan yang berwarna hijau dan berbau busuk dan juga terasa gatal pada vagina wanita.

  1. Kanker Serviks

Penyebab keputihan pada wanita yang terakhir adalah kanker serviks. Sedangkan kanker serviks itu sendiri diekanl sebagai penyakit berbahaya yang bahkan dikatakan juga sebagai penyakit yang mematikan.

Sementara gejala yang dialami oleh penderita penyakit ganas ini pada umumnya muncul ketika sel kanker sudah bertumbuh menembus lapisan atas jaringan serviks ke jaringan di bawahnya. Hal itulah yang membuat terjadinya keputihan pada wanita secara tidak wajah. Sehingga kanker serviks dikatakan sebagai penyebab keputihan pada wanita.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.