Sedang Mengalami Sakit Tenggorokan? Coba Atasi Dengan Cara Ini

Sakit tenggorokan merupakan kondisi ketika tenggorokan terasa sangat sakit, gatal, dan terasa tidak nyaman. Kondisi ini kerap membuat kita terpancing untuk mendehem atau batuk dengan harapan lendir di area tenggorokan menghilang.

Namun faktanya, bukannya menghilang kondisi ini malah membuat tenggorokan mengalami luka, dan memperparah kondisi sakit tenggorokan. Tidak jarang masalah ini muncul dengan gejala tambahan, seperti batuk kering, sariawan dan lainnya.

Masalah sakit tenggorokan ini dipicu oleh infeksi virus dan bakteri. Sakit tenggorokan akan terasa lebih parah saat Anda mengkonsumsi makanan yang digoreng, makanan tinggi gula, lemak, makanan pedas dan minuman dingin secara berlebih.

Secara umum, sakit tenggorokan berkaitan dengan beberapa kondisi, diantaranya:

  • Tonsilitis, peradangan yang terjadi pada amandel atau tonsil.
  • Faringitis, peradangan yang terjadi di saluran saluran laring atau esofagus.
  • Laringitis, peradangan yang terjadi pada laring atau pita suara.

Sakit tenggorokan bisa jadi gejala untuk beberapa penyakit yang lebih serius, beberapa diantaranya:

  • Abses peritonsil, kondisi pembengkakan yang disertai dengan nanah di langit-langit tenggorokan dan bagian belakang amandel.
  • Infeksi mononukleosis, infeksi virus Epstein-Barr yang ditandai dengan munculnya pembesaran kelenjar getah bening, dan sakit tenggorokan.
  • Epiglotitis, peradangan yang terjadi pada epiglotis atau katup pemisah antara saluran pernapasan dengan saluran pencernaan

Seperti yang dijelaskan di atas, sakit tenggorokan merupakan gejala dari beberapa masalah kesehatan, baik penyakit ringan yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, atau kondisi penyakit yang lebih berat. Segera periksakan ke dokter jika gejala sakit tenggorokan terjadi secara berulang.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Dalam kondisi ringan, sakit tenggorokan sebenarnya bisa diatasi dengan trik yang sangat mudah. Salah satunya dengan minum Adem Sari Ching Ku, minuman sejuk yang bermanfaat untuk meredakan berbagai jenis panas dalam, seperti sariawan, sakit tenggorokan, bibir pecah-pecah dan batuk kering.

Adem Sari Ching Ku mengandung ekstrak jeruk nipis (Citrus Aurantifolia) dan sari Liang Teh. Jeruk nipis sendiri merupakan buah dengan kandungan vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah terjadinya peradangan.

Selain Adem Sari Ching Ku, Anda juga bisa memilih Adem Sari yang mengandung ekstrak Citrus Aurantifolia dan ekstrak Alyxia stellata. Sama seperti Adem Sari Ching Ku, minuman Adem Sari juga dilengkapi juga dengan kandungan vitamin C.

Adem Sari dan Adem Sari Ching Ku aman dikonsumsi oleh anak-anak hingga dewasa sesuai. Tapi ingat, pasien phenylketonuria, khusus untuk Ibu hamil, dan pasien dengan fenilalanin tinggi.

Adem Sari dan Adem Sari Ching Ku tersedia dalam kemasan botol dan kaleng siap minum. Selain itu, Anda juga bisa memilih Adem Sari kemasan sachet yang bisa dicampur dengan 200 mL air dingin. Langsung diminum sampai habis, atau ketika masih ada busanya.

Anda bisa membeli produk Adem Sari dan Adem Sari Ching Ku di warung, toko obat, apotik, atau minimarket terdekat. Adem Sari dan Adem Sari Ching Ku juga bisa didapat di situs e-commerce seperti Lazada, Blibli, JD.ID, Shopee, Bukalapak, dan lainnya.

Bila sudah mengonsumsi minuman sejuk di atas namun sakit tenggorokan tidak kunjung sembuh maka sebaiknya segera konsultasikan ke Dokter agar bisa ditangani dengan tepat sehingga masalah sakit tenggorokan bisa sembuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.