Ukuran Standar Dapur untuk Orang Indonesia, Tidak Boleh Sembarangan!

– Kawan Puan, tahukah kamu bahwa ada ukuran standar dapur untuk orang Indonesia? Ukuran standar dapur ini disesuaikan dengan rata rata tinggi orang Indonesia, sehingga penempatan alat masak serta kabinet dapur bisa tetap dalam jangkauan. Penempatan alat masak serta kabinet dapur ini perlu dipasang sesuai dalam jangkauan kita agar tetap nyaman ketika menggunakan dapur.

Selain itu, sebagian dapur di Indonesia tidak hanya digunakan untuk memasak, tetapi juga untuk mencuci alat alat dapur, serta menyimpan beberapa bahan makanan. Nah agar kelak dapurmu bisa nyaman digunakan, berikut ukuran standar dapur untuk orang Indonesia yang perlu kamu tahu, seperti yang diberitakan Idea.grid.id! Ketinggian dapur yang sesuai untuk orang Indonesia adalah 80 90 cm dari lantai.

Tak hanya untuk menempatkan kompor, tetapi ada bagian bagian lain yang juga perlu memiliki tinggi tersebut, yaitu bak cuci piring serta meja dapur tempat kita biasa memotong bahan makanan. Ketinggian tersebut dipilih agar tinggi dapur setara dengan tinggi pinggul orang dewasa, sehingga posisi tangan saat memasak tidak terlalu tinggi maupu terlalu rendah. Seperti diketahui, posisi tangan yang terlalu tinggi maupun rendah saat memasak bisa menyebabkan tangan kita pegal.

Selain itu untuk lebar meja dapur yang disarankan adalah 60 cm. Ukuran tersebut tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, untuk menempatkan kompor serta bak cuci juga pas. Kawan Puan, selain itu penting juga memperhatikan ruang gerak di dapur.

Pasalnya ruang gerak di dapur ini juga turut menentukan kenyamanan ketika kita sedang memasak di sana. Ruang gerak di dapur ini disarankan berukuran 90 120 cm dari meja dapur. Ukuran tersebut disarankan agar pengguna dapur lebih leluasa bergerak serta tidak kesulitan saat akan memasang gas di bawah serta berjongkok saat ingin mengambil barang di kabinet bawah.

Selain itu dengan ukuran tersebut Kawan Puan juga bisa leluasa keluar masuk dapur ketika ada anggota keluarga lain yang tengah menggunakannya. Sebagian dapur di Indonesia memiliki kabinet sebagai tempat penyimpanan bahan makanan atau alat alat memasak. Nah jarak kabinet dan meja dapur yang sesuai untuk orang Indonesia adalah 50 60 cm.

Jarak tersebut dirasa pas agar ketika ingin mengakses kabinet tidak terlalu tinggi dan terlalu rendah. Pasalnya jika jarak antara meja dapur dan kabinet terlalu jauh, kita akan kesulitan menjangkaunya. Sedangkan jika terlalu rendah, ruang untuk memasak akan berkurang bahkan bisa membuat terbentur kabinet.

Selain itu, penting juga untuk memasang kabinet di ketinggian yang pas. Ukuran yang disarankan adalah 2,4 m di atas lantai dapur. Ukuran ini dipilih karena kebanyakan rumah di Indonesia memiliki ketinggian 3 m.

Namun jika Kawan Puan ingin memaksimalkan besar dan penyimpanan kabinet, maka kamu bisa memasang kabinet hingga menempel langit langit dapur. Kawan Puan, itu dia ukuran standar dapur untuk orang Indonesia yang perlu diketahui. Apakah dapur Kawan Puan sudah memenuhi ukuran standar dapur tersebut? (*)

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.