Survei Terbaru: TNI Jadi Institusi yang Raih Tingkat Kepecayaan Paling Tinggi dari Anak Muda

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis survei yang temuannya secara umum menyatakan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjadi institusi yang paling dipercaya anak muda. Berdasarkan survei tersebut 12 persen anak muda sangat percaya, 77 persen cukup percaya, 9 persen sedikit percaya, dan 1 persen tidak percaya sama sekali. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan secara berturut turut institusi yang paling dipercaya anak muda berdasarkan survei tersebut adalah TNI, Presiden, Polri, lalu KPK.

Hal tersebut disampaikannya dalam rilis survei bertajuk Suara Anak Muda Terhadap Isu Isu Sosial Politik Bangsa secara virtual pada Minggu (21/3/2021). "Jadi bisa dilihat di sini, secara umum tidak berbeda. Anak muda secara umum masih trust, yang paling mendapatkan keyakinan paling tinggi adalah TNI, kemudian presiden, kemudian polisi, baru kemudian KPK. Ini empat yang tertinggi," kata Burhanuddin. Sementara itu untuk hasil survei terhadap Presiden 13 persen sangat percaya, 73 persen cukup percaya, 13 persen sedikit percaya, dan 1 persen tidak percaya sama sekali.

Untuk hasil survei terhadap Polri sebanyak 7 persen sangat percaya, 67 persen cukup percaya, 21 persen sedikit percaya, dan 4 persen tidak percaya sama sekali. Kemudian untuk hasil survei terhadap KPK sebanyak 5 persen sangat percaya, 69 persen cukup percaya, 20 persen sedikit percaya, dan 4 persen tidak percaya sama sekali. Pertanyaan yang dilontarkan dalam survei tersebut adalah "Kami akan menyebutkan beberapa nama lembaga. Tolong sebutkan tingkat kepercayaan Anda terhadap masing masing lembaga tersebut? Apakah Anda sangat percaya, cukup percaya, sedikit percaya, atau tidak percaya sama sekali?".

Dari sembilan lembaga yang disebutkan di antaranya TNI, Presiden, Polri, KPK, Kejaksaan, Media mainstream, Media Sosial, DPR, dan Partai Politik, insitusi Partai Politik berada di posisi paling bawah atau buncit. Untuk hasil survei terhadap lembaga Partai Politik sebanyak 3 persen sangat percaya, 54 persen cukup percaya, 33 persen sedikit percaya, 7 persen sedikit percaya, dan 4 persen tidak percaya sama sekali. "Kemudian kalau ditanya tentang sikap mereka terhadap politisi, umumnya anak muda tidak begitu yakin bahwa politisi itu mewakili aspirasi masyarakat," kata Burhanuddin.

Sebanyak 12,0 persen anak muda menilai tidak baik sama sekali, 52,7 persen menilai tidak terlalu baik, 25,7 persen menilai cukup baik, 0,3 persen menilai sangat baik, dan 9,4 persen menilai tidak tahu atau tidak menjawab. Survei tersebut dilaksanakan pada 4 sampai 10 Maret 2021. Survei dilakukan melalui kontak telpon kepada responden mengingat situasi pandemi Covid 19.

Populasi survei adalah generasi Z yang lahir pasca reformasi yang berusia 17 tahun sampai 21 tahun. Sampel survei sebanyak 1.200 responden yang dipilih secara acak dari sampel acak survei tatap muka langsung yang dilakukan Indikator Politik Indonesia pada rentang Maret 2018 hingga Maret 2020. Survei dilakukan dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.200 responden, dan memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sekitar kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.