Kecelakaan Domestik Pada Anak Mengintai Selama Libur Lebaran, Perhatikan 4 Hal Ini untuk Antisipasi

Libur lebaran sudah di depan mata, seluruh umat muslin di dunia akan segera merayakan Hari Raya Idul Fitri. Suasana menuju lebaran pun sudah mulai terasa sejak beberapa hari lalu. Berbagai persiapan pun telah dilakukan, mulai dari mempersiapan dekorasi hingga hidangan hari raya.

Tapi selain menyiapkan untuk perayaan lebaran, ada baiknya Kawan Puan juga menyiapkan bekal obat obatan untuk antisipasi adanya kecelakaan domestik. Terutama bagi Kawan Puan yang telah memiliki anak, adik kecil, ataupun saudara yang masih kecil. Pasalnya, menurut dr. Kurniawan Satria Denta, MSc, Sp.A, setiap tahunnya IGD rumah sakit selalu kedatangan pasien anak anak dengan berbagai macam keluhan kesehatan, seperti dikutip dari .

Mulai dari kecelakaan domestik seperti terbakar hingga keracunan makanan yang tersaji di hari raya. "Yang paling banyak adalah luka bakar akibat petasan juga kembang api. Anak anak yang tak diawasi penuh, biasanya akan ikut arus bermain petasan dengan teman temannya," kata Kurniawan, Minggu (09/05/2021). Kasus luka bakar kerap terjadi akibat kelalaian dari pengawasan orang tua di dalam rumah.

Seperti luka bakar tersiram air panas, minyak dari masakan, atau luka bakar karena menyentuh arus listrik. Sementara itu, sering kali orang tua membawa anaknya yang tersedak makanan atau mainan ke IGD rumah sakit. "Yang tak kalah seringnya, adalah anak anak yang datang karena serangan akut penyakit yang sudah lama dideritanya. Seperti asma, epilepsi, lupus, dan masih banyak lagi," imbuh Kurniawan.

Penting untuk mempersiapkan bekal obat obatan untuk penanganan kecelakaan domestik pada anak. Pasalnya, di masa libur lebaran ini berbagai pusat kesehatan umumnya juga akan libur alias tutup. Kecuali rumah sakit besar, yang selalu membuka ruang IGD nya dan dijaga oleh dokter jaga.

Sebelum kecelakaan domestik terjadi pada anak, ada baiknya Kawan Puan melakukan tindakan pencegahan. Berikut ini beberapa pencegahan yang bisa dilakukan Kawan Puan untuk mencegah kecelakaan domestik. Sediakan selalu obat dan peralatan penanganan pertama pada kecelakaan.

Seperti kain kasa, perban, gunting, obat merah, alkohol, antiseptik, obat anti nyeri, obat penurun panas, obat diare obat tetes mata, juga termometer. Simpan obat obatan ini di tempat yang mudah dihapal dan dijangkau. Meskipun dilarang mudik, tetapi Kawan Puan yang lebaran mungkin berkunjung ke tetangga atau kerabat dekat.

Pastikan kondisi lingkungan aman untuk anak dan tidak terlalu asing. Guna mengurangi rasa penasarannya akan lingkungan baru agar tidak membahayakan mereka. Ketahui titik titik dan tempat yang berisiko agar anak terhindar dari kecelakaan domestik.

Ketahui layanan kesehatan terdekat termasuk puskesmas, IGD, dan klinik swasta. Simpan nomor kontak mereka jika sewaktu waktu terjadi sesuatu. Jika memiliki kerabat tenaga medis, adalah hal bijaksana untuk menyimpan nomor kontaknya.

Ini berguna saat terjada kegawatdaruratan karena susahnya mencari layanan kesehatan kala libur Lebaran. Sebelum hari libur tiba, ada baiknyakamu mengontrol kesehatan anak ke spesialis anak atau dokter yang terkait dengan riwayat penyakit anak. Mintalah obat untuk stok selama liburan, sehingga sewaktu waktu penyakit anak kambuh,kamu sudah tak kebingungan dalam menanganinya. (*)

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.