Jose Mourinho Gunakan Drone Untuk Pantau Perkembangan Pemain AS Roma

Pelatih AS Roma, Jose Mourinho asal Portugal memperkenalkan satu metode baru dalam melatih anak asuhnya. Pelatih berusia 58 itu menggunakan pesawat tak berawak alias drone dalam latihan. Tentu bukan tanpa alasan The Special One memperkenalkan teknologi drone dalam sesi latihan Roma.

Perangkat ini memungkinkan perekaman, pemantauan pergerakan para pemain, lalu kembali memutarnya di layar raksasa. Untuk itu, sebuah layar raksasa juga terpasang di sisi lapangan di tempat latihan klub di Trigoria. Sementara Mourinho meminta drone Roma yang melayang di atas lapangan untuk merekam pergerakan pemainnya.

Cara itu pun memungkinkan Mourinho mendeteksi apabila para pemainnya melakukan kesalahan selama latihan. Meski cara ini juga membuat para pemain seperti selalu diawasi, tetapi itu bisa berguna dalam permainan. Melalui tayangan ulang, Mourinho mampu menunjukkan letak kesalahan pemainnya kemudian menjelaskan cara memperbaikinya.

Drone juga akan membantu Mourinho untuk menyampaikan taktiknya kepada para pemain secara lebih efektif. Meski bukan merupakan pertandingan resmi, Roma telah memenangi dua pertandingan pramusim di bawah asuhan Mourinho. Roma memainkan pertandingan pertama mereka di bawah arahan Mourinho melawan tim yang bermain di Serie D Montecatini.

Alhasil, Giallorossi mampu mencatatkan kemenangan telak dengan skor 10 0. AS Roma juga mencatat kemenangan 2 0 di laga pramusim lainnya melawan Ternana pada Minggu (18/7/2021) waktu setempat. Penggunaan teknologi drone di sesi latihan ternyata bukan hal baru dalam sepak bola modern.

Pelatih anyar Bayern Muenchen, Julian Nagelsmann, juga memasang layar raksasa di tempat latihan saat masih melatih Hoffenheim. Mungkin saja Mourinho mendapat ide layar raksasa dari Nagelsmann saat keduanya bersua di Liga Champions musim 2019 2020. Hal yang sama juga dilakukan pelatih baru Lazio, Maurizio Sarri ketika masih menukangi Napoli beberapa tahun lalu.

Seperti diketahui, Jose Mourinho memiliki cara unik dalam memantau anak asuhnya di sesi latihan, yakni dengan menggunakan teknologi drone. Mourinho saat ini tengah sibuk mempersiapkan tim barunya menjelang bergulirnyaLiga Italiamusim depan. Roma menunjuk Jose Mourinho pada awal Mei lalu dengan sang pelatih menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun.

Melatih klub Italia bukan hal baru bagi Mourinho karena ia pernah bekerja selama dua musim di Inter Milan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.